Informasikan kabar baik ini kepada mereka yang lebih membutuhkan, klik dibawah ini

√ Makanan yang Harus Dihindari Jika Trigliserida Tinggi

Trigliserida merupakan jenis lemak darah yang sebenarnya digunakan untuk memberikan energi. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kadar trigliserida yang dinyatakan sehat adalah di bawah 150 mg/dL, sementara 150-199 mg/dL harap berhati-hati, dan 200-499 mg/dL termasuk tidak sehat. Di atas 499 mg/dL sangat tidak sehat.

Kadar trigliserida tinggi jangan diremehkan. Pada banyak kasus, dokter akan meresepkan obat-obatan untuk menurunkannya, selain juga perubahan pola makan dan gaya hidup.

Makanan yang Harus Dihindari Jika Trigliserida Tinggi


Terkait dengan pola makan, tak dipungkiri ada beberapa jenis makanan yang berpengaruh langsung pada level trigliserida, terutama yang mengandung karbohidrat tinggi.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari untuk menjaga kadar trigliserida bisa diturunkan atau normal.

1. Minuman manis
Minuman mengandung gula, seperti es teh, soda, jus buah, dan sebagainya, akan membuat tubuh Anda dibanjiri kelebihan gula. Paling tidak batasi mengonsumsi minuman manis untuk menurunkan kadar trigliserida.

2. Makanan bertepung
Makanan yang mengandung tepung, seperti kentang, pasta, atau nasi, meruapkan sumber energi yang baik. Tetapi, makanan sehat ini akan dipecah menjadi gula saat masuk dalam sistem pencernaan. Kelebihan gula merupakan salah satu penyebab kadar trigliserida menjadi tinggi.

3. Kelapa 
Manfaat sehat kelapa sudah dikenal di seluruh dunia, teapi kelapa juga mengandung lemak jenuh. Kita memang tak perlu menghindari sama sekali makanan mengandung santan, tetapi batasi saja sampai kadar trigliserida terkontrol.

4. Madu atau sirup maple 
Tak perlu dijelaskan lagi, madu atau sirup maple mengandung gula yang tinggi. Jika kadar trigliserida Anda tinggi, batasi asupan kedua jenis pemanis ini.

5. Lemak jenuh 
Produk susu berlemak tinggi, butter, daging merah, dan sebagainya, merupakan makanan mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar trigliserida. Mengurangi makanan jenis ini juga bisa membuat level kolesterol terjaga.

6. Alkohol 
Kadar trigliserida tinggi adalah alasan lain untuk menjauhi alkohol.

7. Makanan yang dipanggang 
Kadar trigliserida yang tinggi diketahui dipicu oleh asupan makanan yang dipanggang, seperti roti dan sejenisnya. Biasanya makanan tersebut mengandung lemak jenuh yang juga tinggi.

Pengobatan Trigliserida
Selain menghindari makanan pantangan, pengidap trigliserida tinggi juga perlu melakukan gaya hidup sehat. Contoh-contoh yang termasuk ke dalam solusi sederhana tersebut di antaranya:
  1. Mengendalikan berat badan. Jika berat badan melebihi bobot ideal atau bahkan sudah mengalami obesitas, menurunkan berat badan sekitar 2-5 kilogram bisa menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh.

  2. Mengonsumsi lemak sehat. Ganti lemak jenuh pada daging dengan lemak tidak jenuh dari tanaman, misalnya minyak pada zaitun, minyak kacang dan dari minyak canola. Selain itu, ganti daging merah dengan konsumsi ikan laut, seperti salmon.

  3. Berolahraga. Aktivitas olahraga rutin bisa membantu seseorang mengendalikan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jalankan olahraga setidaknya 3,5 jam per minggu.

  4. Tidak merokok. Zat kimia dalam rokok bernama akrolein akan menghentikan kolesterol baik menyalurkan kolesterol dari tumpukan lemak dalam tubuh menuju hati.

Jika kamu sudah mengatur pola makan sehari-hari sedemikian rupa dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, tetapi trigliserida tak kunjung turun, segera konsultasikan dokter pribadi anda.


JANGAN LEWATKAN

Informasikan kabar baik ini kepada mereka yang lebih membutuhkan, klik dibawah ini